Header Ads

Header ADS

Tips Jitu Menolak Flu


TIPS JITU MENOLAK FLU

Hatshiii… hatshii…!! Sebel bersin terus?! Awas jangan salah dengan gejala yang satu ini. bersin-bersin sepanjang waktu, jangan diartikan sobat terkena virus pilek. Bisa jadi sobat terkena virus flu. Gejala pilek dan flu kadang serupa tapi nggak sama, makanya waspadai gejalanya biar nggak kesalahan dalam mengkonsumsi.

PILEK

Gejala Pilek

Coba deh perhatiin gejala virus pilek yang satu ini. awalnya sobat bisa terkena pilek kalo didahului oleh bersin-bersin sambil terus-menerus ngeluarin ingus encer dari hidung. Udah gitu, kalo badan sobat terasa demam dan diukur mencapai 38,6o C udah nggak salah lagi deh, penyakit yang sobat derita adalah pilek. Biasanya penyakit itu bersarang dalam diri sobat  + 3-7 hari. Dan jika dibiarkan terus nggak segera diobati, maka sobat akan terkena radang tenggorokan dan batuk kering.

Pencegahan

1.      Cucilah tangan sesering mungkin.
2.      Gunakan sapu tangan atau tisu sekali-kali kalo lagi bersin dan batuk.
3.      Istirahat di tempat tidur kalo terasa demam.
4.      Perbanyak minum air dingin atau panas.
5.      Minumlah obat yang mengandung aspirin atau asetaminofen.
6.      Jika tenggorokannya teras sakit atau radang, segera kumur dengan air garam hangat-hangat kuku, minum teh dicampur lemon atau madu, atau mengulum pelega tenggorokan.
7.      Makanlah sup ayam yang terbukti benar-benar manjur.

FLU

Gejala Flu

Virus Flu menurut penelitian, menyerang secara tiba-tiba dan sekaligus dengan proses cepat/. Sobat mungkin sehat satu jam sebelumnya, namun tiba-tiba satu jam kemudian terpaksa harus berbaring ditempat tidur. Sakit yang sobat rasakan itu seperti kelelahan fisik yang amat sangat, sakit kepala dan punggung, mata terasa sakit saat digerakkan dan otot-otot terasa ngilu. Belum lagi, suhu badan sobat itu pas diukur bisa mencapai hingga 40,3o C. wah… pastinya badan sobat kalo nggak kuat bisa mengggil tuh?! Biasanya virus ini akan diderita selama + 2 minggu. Jika dibiarkan terus dan nggak menyegerakan ke dokter akan terkena Pneumonia (radang paru-paru).

Pencegahan

1.      Cucilah tangan sesering mungkin, khususnya setelah buang ingus dan sebelum memegang makanan.
2.      Minumlah aspirin atau pengganti aspirin sesuai dosis yang dianjurkan.
3.      Minumlah air hangat (jangan terlalu panas) sebanyak-banyaknya.
4.      Berkumurlah dengan the kental air garam hangat-hangat kuku.
5.      Kulumlah pelega tenggorokan atau permen keras buat membasahi tenggorokan.
6.      Jangan menahan batuk yang disertai reak atau lender.
7.      Hindari minum susu atau keju dan produk-produk lain yang megandung susu untuk beberapa hari.

WARNING

1.      Bila sobat terkena gejala pilek dan saat diobati sendiri nggak terjadi perubahan, segeralah berobat ke dokter. Virus pilek mudah penebarannya, mkan dari itu waspadailah!
2.      Vila sobat terkena gejala flu langsung segera ke dokter. Karena semakin cepat virus flu itu dimusnahkab akan semkin baik.
3.      Ingatlah! Tak satu pun obat yang manjur mengatasi fludan pilek karena virus-virus itu akan selalu menyerang. Dengan kata lain, jagalah selalu imunitas tubuh sobat setiap hati.

Sumber :

Majalah Muslimah Edisi 19/II/Februari 2004.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.