Header Ads

Header ADS

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita


Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita

Otak merupakan pusat control yang mengendalikan hidup kita. Otaklah yang menentukan bagaimana cara kita berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika kita ingin mengeluarkan potensi diri semaksimal mungkin. dengan melatih otak kita, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensi atau kepikunan.

Ingin tau bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menerdaskan otak kita? Berikut tipsnya.

1.      Membaca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak dan membantu membangun “cadangan kognitif” untuk menunda timbulnya demensia (kepikunan).

2.      Mengaktifkan Tangan Kiri dan Tangan Kanan
Lakukakan tudas dengan tangan nondominan. Jika biasanya dominan menggunakan tangan kanan, maka gunakan tangan kiri (kidal), dan sebaliknya.

3.      Belajar Bahasa Asing
Penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi koneksi saraf.

4.      Ubah Rutinitas
Dengna mengubah rutinitas dan pola hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif.

5.      Latihan Fisik
Latihan fisik dapat meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan perhatian, penalaran, dan memori. Misalnya olahraga lari, sele-sel tubuh yang diaktifkan dengan olahrag lari akan mentransfer zat-zat molekul atau growth factors yang membuat saraf-saraf baru dan jaringan di otak, sehingga membuat seseorang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

6.      Hidup Sosial
Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan social kita, misalnya dengan mengunjungi teman dan berinteraksi dengan orang lain. Jaringan social dapat memberikan perlindungan terhadap gejala kinis penyakit Alzheimer (kepikunan di usia dini).

7.      Menikmati Musik
Selain mendengarkan music dan belajar memainkan intrumen music para ahli jga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indra sekaligus, seperti mendengarkan music dan mencium bunga.

8.      Bermain Puzzle atau Teka Teki Silang
Teka teki silang, puzzle lainnya, dapat melatih otak khisusnya otak kiri.

9.      Bermain Permainan Strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli, atau game computer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang apat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

10.  Mencari Hobi Baru
Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumanya. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

Dikutip dari Buku Kreatif (Kreasi Belajar Siswa Aktif )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.